Masterpieceblitar.co.id – Apasih perbedaan sablon vektor dan raster? Masih sering dibuat bingung untuk membedakan tipe desain yang biasa digunakan dalam proses penyablonan ?
Untuk pemula, kadang masih banyak yang bingung soal proses penyablonan. Sulit membedakan tipe desain atau bikin film untuk afdruk. Dalam proses sablon manual terdapat 2 teknik yaitu teknik sablon separasi atau raster dan teknik sablon vektor atau blok. Nah, lantas mana yang lebih bagus?  Untuk menjawab hal tersebut, mari kita cari tahu dulu apakah yang dimaksud sablon raster dan sablon vektor

APAKAH YANG DINAMAKAN SABLON VEKTOR?

     Sablon vektor adalah sablon manual yang pengerjaanya berdasarkan desain gambar vektor. Nah apakah yang dimaksud gambar vektor itu?
Gambar vektor adalah gambar desain grafis yang terbuat dari kumpulan titik dan garis yang bisa dibentuk menjadi suatu gambar yang diinginkan. Contohnya berupa gambar-gambar yang bertipe solid seperti huruf, kotak, bulat, garis dan lain-lain.
    Sablon vektor banyak diaplikasikan untuk membuat logo tulisan grafti atau bentuk gambar yang simpin dan lebih tajam. Untuk gambar vector ini jika kita perbesar berkali-kali hasil gambarnya tidak akan pecah sedikitpun, begitupun sebaliknya jika kita perkecil tidak akan berpengaruh apa-apa pada gambar vector ini.

Contoh Sablon Vektor Pada Combed Motif

APAKAH YANG DINAMAKAN SABLON RASTER?

    Sama seperti sablon vektor, sablon raster juga merupakan teknik sablon yang dibuat berdasarkan desain gambar raster. Separasi atau Raster adalah sablon berupa dot dot yang jika dirangkai akan membentuk gambar.
Dapat pula didefinisikan teknik cetak dengan penggabungan warna-warna proses (Prosess Color) yaitu Cyan (C), Magenta (M), Yellow (Y), dan Black (K) atau yang sering disebut dengan warna CMYK. Perpaduan  (kombinasi/percampuran) dari keempat warna tersebutlah dapat dihasilkan berbagai macam warna yang menyusun suatu gambar yang utuh (full color).
Sablon raster biasanya diterapkan untuk gambar dengan gradasi dan banyak warna. Contohnya foto, poster, atau gambar yang menyerupai benda asli.

Desain raster tidak bisa diterapkan pada beberapa jenis tinta sablon, karena gambar raster cara kerjanya memadukan beberapa warna agar tercipta gradasi.

KALAU KALIAN SUKA SABLON RASTER ATAU VEKTOR?

Masih bingung cari vendor sablon? Bisa  banget mencetak kaos kalian di vendor kami MASTREPIECE BLITAR. Bahan yang digunakan premium high quality pastinya dikerjakan oleh tenaga ahli dibidangnya. Garansi kami berikan 100% jika hasil tidak sesuai.

3 thoughts on “Perbedaan Sablon Vektor dan Raster

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

join the news

Subscribe now