Masterpieceblitar.co.id – Menjadi pebisnis atau entrepreneur adalah impian semua orang. Salah satu bidang yang banyak diminati adalah bidang fashion. Nah buat kalian yang ingin memulai bisnis clothing line ada tips-tips yang bisa kalian ikuti sebagai berikut:

1. Lakukan Riset Produk
Amati trend pasar saat ini, mana produk yang memiliki potensi laris dijual nantinya. Pikirkan tentang celah yang saat ini belum terisi. Apakah itu kaos yang bisa dipakai di acara-acara resmi atau sehari-hari? Apakah itu berupa kaos, hoodie atau polo?
    Cari tahu produk apa yang seharusnya ada yang saat ini tidak ditawarkan oleh clothing lainnya. Kamu bisa membuat gebrakan baru atau kamu juga bisa mengikuti trend yang sudah ada. Tapi kamu harus menonjolkan keunikan dan keistimewaan produkmu.

2. Kenali Target Pasar
    Cari tau siapa segmen calon pembeli yang anda targetkan.Bukan hanya  mengidentifikasi item pakaian yang harus ada, tetapi juga target pasar konsumen produk tersebut. Lagi pula, desain yang brilian tidak banyak gunanya jika tidak memiliki pelanggan potensial.
      Pertimbangkan pro dan kontra dari menargetkan demografi tertentu. Misalnya, anak muda cenderung mengikuti trend dan mungkin lebih mudah menerima pemasaran online dan promosi dari mulut ke mulut, tetapi mereka juga mungkin memiliki dana yang terbatas. Pelanggan paruh baya mungkin mampu membeli dengan harga yang lebih tinggi, tetapi mereka mungkin kurang peduli dengan gaya dan sudah setia pada identitas merek yang ada.

3. Lihat Competitor Bisnis Anda
Cari tahu kelemahan , kelebihan dan cara pemasaran kompetitormu. Dengan ini kamu bisa menjadikan kelemahan kompetitormu menjadi kelebihanmu. 

4. Siapkan Anggaran Bisnis Anda
Anda harus pandai-pandai mengatur dan mengelola modal, buat rincian anggaran dengan tepat.Sebelum kamu membuat keputusan untuk berbisnis , hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghitung berapa budget dari usaha 

5. Buat Rencana Bisnis (Business Plan)
Set goals dari bisnismu, target apa yang ingin kamu capai dan bagaimana cara mewujudkannya.
Bussiness Plan ini juga akan memandu seluruh perjalananmu sebagai pengusaha Clothing Line .
Tanyakan pada dirimu sendiri : apa tujuan akhir saya untuk produk ini? Apakah saya ingin menjadi nama merek yang dijual di wilayah sekitar atau global Apakah saya ingin membuat merek premium yang dijual online, butik , mall, atau pasar?

6. Siapkan produkmu
Siapakan nama brand, logo, design produk dan website /media social

7. Pilih partner tempat produksi produkmu
Pilih produsen yang terpecaya yang bisa diajak untuk kerjasama.

8. Lakukan pemotretan produk
Memasarkan produk tanpa diiringi foto produk yang bagus takkan dilirik konsumen, maka dari itu persiapkan pemotretan produk sebaik mungkin.

9. Mulai lakukan proses marketing yang efektif.
Mulailah dengan memperkenalkannya kepada teman atau sahabat dekat terlebih dahulu. Setelah itu, mulai lakukan optimalisasi di media social dan website.

Semoga bisa bermanfaat.
Memang jika ingin memulai hal baru terasa sangat sulit , namun jika kita tidak berani memulainya kita akan menyesal dikemudian hari.
Semangat buat kalian yang ingin menjadi pengusaha. Yang masih bingung mencari partner produsen produk kalian, jangan khawatir Masterpiece Blitar bisa menjadi partner bisnis kalian.
Banyak brand clothing line yang mulai dari nol berkerjasama dan tumbuh bersama kami.

 

“Bisnis itu hanya modal dengkul. Bahkan jika Anda tidak punya dengkul pinjam dengkul orang lain.” – Bob Sadino

Good luck untuk kalian semua!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

join the news

Subscribe now