MasterpieceBlitar.co.id – Belakangan ini sablon digital mulai bersaing dengan sablon manual , namun meski begitu sablon manual tetap tak bisa tergantikan dikalangan pecinta sablon karena kualitas dan hasil sablon yang memang lebih bagus dari sablon digital.
     Nah kalian tim sablon manual apa digital? Setiap kubu-kubu memiliki kelebihan dan kekurangan misalnya kalau sablon digital kalian bisa produksi tanpa minimal order atau batasan warna sedangkan pada sablon manual kalian harus memesan sesuai ketentuan jumlah order minimal dari vendor sablon, dll. Namun untuk masalah hasil sablon manual memang lebih unggul, jadi meski sabon digital semakin marak, sablon manual akan tetap dicari.

Nah kali ini kami akan membahas sablon manual yang perlu kalian tahu, sebenarnya masih banyak sablon manual lainnya yang tidak akan kita bahas. Beberapa jenis sablon manual dibawah ini adalah jenis sablon yang paling diminati.

  1. Sablon Plastisol

    Sablon ini menggunakan tinta plastisol (oil based). Sablon jenis ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan sablon manual jenis lainnya, yaitu kamu dapat mencetak dot dengan ukuran sangat kecil sekalipun namun hasilnya tetap optimal. Tinta plastisol yang memiliki berbagai ragam warna sehingga memungkinkan pemintanya untuk memilih warna yang diinginkan dan bisa digunakan pada dasar warna kaos gelap maupun terang. Karenanya sablon plastisol sudah bersatndart Internasional.

 

  1. Sablon Discharge

   Jenis sablon ini menggunakan tinta water based yang sangat cocok digunakan untuk bahan kaos cotton combed 30s. Alasannya adalah karena warna dari sablon ini mampu menggantikan warna dasar kaos tanpa mempengaruhi hasil sablon. Untuk membuat tinta sablon discharge ini dengan memadukan tinta super white dengan binder atau bubuk khusus. Kedua bahan ini diformulasikan untuk menghilangkan zat warna pada kainnya. Setelah warna dasar dari kainnya sudah hilang barulah diganti dengan tinta sablon yang akan menghasilkan sablonan yang diinginkan.

  1. Sablon Glow In Dark

   Sablon jenis ini menyala ketika digunakan di tempat yang kurang cahaya. Campurannya mengandung serbuk fosfor dan medium sehingga dapat membuat nyala di kegelapan. Sablon ini memiliki daya keawetan yang sangat bagus . Jadi kalian tidak perlu takut kalau sablon ini akan mengelupas atau rusak .

  1. Sablon Rubber

    Sablon rubber (karet) adalah jenis sablon yang bersifat elastis. Sablon rubber merupakan sablon yang berbahan dasar air, yang artinya tinta sablon ini bersifat menyatu dengan air atau bisa diolah menggunakan air.
Sablon ini sangat mudah perawatannya. Saat disetrika, bagian tinta sablon rubber pada pakaian tidak mudah lengket dan pecah. Namun, hal ini bisa berhasil bergantung pada kualitas tinta sablon rubber yang digunakan dan juga suhu panas setrika.Untuk lebih amannya, kalian bisa menurunkan suhu setrika saat menggosok bagian pakaian yang ada sablon rubber.

  1. Sablon Superwhite

   Tinta ini sangat baik jika digunakan pada kain yang berwarna dasar terang karena mampu menghasilkan warna putih yang cemerlang dan mempunyai daya tutup yang baik pada kaos. Kita dapat menambahkan pigmen warna agar tampak menarik namun sayangnya tidak berlaku bagi warna gelap.

Sablon tersebut memiliki keawetan tinggi karena aman untuk proses cuci dengan metode apa pun. Gambar sablonan tinta jenis ini tidak mudah rusak dan masih tetap dalam kondisi bagus, bahkan masih bisa disetrika diatas gambarnya.

  1. Sablon High Density

    Apa itu sablon high density? Dilihat dari namanya, density berarti kepadatan. High density berarti tingkat kepadatan tinggi atau bisa dikatakan memiliki tingkat kerapatan yang tinggi. Seperti sablon foam, sablon ini juga menghasilkan efek 3 dimensi pada kaos. Jenis sablon ini menggunakan bahan karet yang kemudian hasilnya terasa timbul saat disentuh. Tekstur dari tinta sablon yang digunakan sendiri adalah tinta Gel sehingga sangat cocok untuk desain typography.

  1. Sablon Glitter

     Sablon glitter merupakan jenis sablon manual yang menggunakan pewarna yang terbuat dari micca. Dengan bahan tersebut, sablon glitter mampu menghasilkan efek unik yaitu kerlap-kerlip pada lapisan teratas sablon.Tinta glitter tersedia dalam beraneka warna seperti violet, green, black, sweet pink, fuschia, silver dan gold. Dua warna terakhir yaitu silver dan gold paling sering digunakan karena efek warnanya yang lebih terang dan gemerlap pada malam hari atau di tempat gelap.
Biasanya harga kaos dengan desain menggunakan tinta glitter lebih mahal dari kaos dengan sablon tinta rubber atau plastisol, hal ini disebabkan harga tinta glitter yang lebih mahal

Nah kalau kalian suka sablon jenis apa?
Kalian yang bingung mencari vendor kaos kalian bisa memproduksi kaos kalian di Masterpiece Blitar. Kaos dikerjakan oleh ahli dan bahan kaos serta sablon yang high quality. Kami siap memberikan jaminan garansi 100% jika hasil tidak sesuai. Kalian bisa langsung wa admin atau bisa DM instagram untuk informasi lebih jelasnya

Referensi : highlight.id , terminalkaos.com , terminalkaos.com, andalasclothing.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

join the news

Subscribe now